Perpustakaan Online



Pesatnya kemajuan teknologi informasi yang didukung teknologi jaringan komputer memungkinkan informasi tersalur dari satu belahan dunia ke belahan dunia yang lain dalam waktu singkat. Teknologi jaringan komputer yang sebelumnya hanya digunakan di lembaga-lembaga pendidikan dan perusahaan-perusahaan besar, sekarang sudah tersebarke sebagian besar masyarakat dunia termasuk di Indonesia berupa jaringan Internet. Perpustakaan seperti kita ketahui adalah merupakan salah satu penyedia dan penyalur informasi yang fungsi dan peranannyacukup berarti di dunia informasi. Tantangan baru di dunia perpustakaan diabad 21 yang banyak dikatakan sebagai abad informasi adalahpenyaluran informasi menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer dengan cepat, tepat dan global. Salah satu solusi untukmenjawab tantangan tersebut adalah dengan membangun perpustakaan online.

Perpustakaan online (OnlineLibary) adalah perpustakaan yang data koleksinya dapat diakses jarak jauh melaui Teknologi Komunikasidan Informasi (Basuki, 2001). Dalam artian bahwa perpustakaan onlineadalah perpustakaan yang melayani penelusuran informasi secara online(online searching).

Menurut Association of Research LibrariesPerpustakaan Online(Online Library) adalah :

- The online library is not a single entity;

- The online library requires technology to link the resources of many

- The linkages between the many online libraries and information services are transparent to the end users;

- Universal access to online libraries and information services is a goal;

- Online library collections are not limited to document surrogates; teywextend to digital artifacts that cannot be represented or distributed in printed formats. Dan menurut Hartley (dalam Wicaksono, 2001), bahwa sistem temu balik online (online retrieval system) adalah :

“Proses ‘menginterograsi’ sistem komputer guna memenuhi permintaan informasi tertentu dengan menggunakan keyboard, mouse, monitor dan alat (device) lainnya yang berhubungan langsung dengan system computer yang berisikan berkas data. Proses penelusuran bersifat dinamis dan interaktif sehingga hasil penelusuran langsung terlihat dilayar. Dengan demikian penelusur bisa memperluas dan menyederhanakan penelusuran atau terusberinteraksi dengan sistem sampai hasil yang paling tepat diperoleh”.

Online searching merupakan salah satu sistem dari perpustakaan online yang biasanya menggunakan program OPAC (Online Public Access Catalog) yaitu katalog online yang diakses melalui media internet. Penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa perpustakaan online adalah perpustakaan yang database-nya disimpan dalam bentuk file elektronik dan di up-load atau di publish ke doain hosting internet, dan database tersebut dapat diakses secara universal oleh pengguna dengan fasilitasonline searching.

Perpustakaan online dilihat dari jenisnya bisa dibagi dua, Full Text dan Page Image, yang masing-masing memiliki kelebihan sebagai berikut:

1) Full Text

a) Pemrosesan dan manipulasi data lebih mudah,

b) Ukuran data lebih kecil,

c) Data terformat dalam SGML (Standard Generalized Markup Language).

2) Page Image

a) Sesuai untuk sistem browsing,

b) Tidak memerlukan font karena berupa image.

c) Tidak memerlukan biaya besar dalam pembuatan (low cost)

Agar dapat mengakses perpustakaan online dengan baik, minimal dibutuhkan :

a) Komputer berkecepatan 233 Mhz dengan jumlah memori adapter grafik min 1 MB

b) Sistem operaasi yang berbasisGraphic User Interface (GUI) seperti Windows, Linux, dan sebagainya.

c) Aplikasi browser yang mendukung skrip-skrip client side sepertiJavaScript atau VBScript. Browser yang ada saat ini biasanya telah mendukung skrip tersebut.

d) Modem dengan kecepatan 56 KBps

e) Jalur telepon

Temu balik Informasi online berbasis Web

Sistem temu balik berbasis web bisa disebut sebagai sistemkomunikasi data, karena ia menggabungkan antara sumber data, media transmisi dan penerima (perangkat attau manusia). Tiga komponen tersebut adalah komponen yang harus ada pada sebuah komunikasi data manual ke dalam ke dalam bentuk komunikasi data yang terdapat di dalam web sebagai berikut :

Bagan 3. Alur Komunikasi data sistem temu balik informasi berbasis web (Adopsi dari sistem komunikasi data, Jogiyanto, 2002)

sumber data, Media Transmisi & Penerima

(World Wide Web) (Satelit, Kabel, Komputer) (Pengguna)

Sistem komputer sebagai salah satu pendukung sistem temu balikinformasi berbasis web memiliki peran yang penting, karena komputer adalah salah satu media penghubung antara sumber data dan manusia dalam menggunakan internet.

Dalam perkembangannya sekarang web telah tumbuh menjangkau berbagai macam bidang : home page pribadi, online digital library, virtual museums, katalog produk dan layanan umum, informasi pemerintah untuk masyarakat, publikasi penelitian, dan sebagainya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar